Home About Us Pengurus Three IT Contact Us Web Design Photobucket Photobucket Depag Icon
Photobucket


Text Formatting With HTML



Text Formatting With HTML-Created By Rama Aditya Maulana/Komang Atkinson

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya pada thread Dasar HTML ,Dokumen HTML mempunyai 3 elemen dasar,yaitu HTML,head,dan body.sedangkan elemen title merupakan isi dari elemen head.pada pelajaran ini kita akan membahas tag-tag yang pada umumnya merupakan isi dari tag body. Kali ini kita akan menggunakan tag yang berfungsi pada tulisan.seperti membuat judul,mengatur letak judul,membuat paragraf,mengatur letak tulisan,dll.


  • Membuat Judul (Header/Heading)

Untuk membuat Header,Heading,atau judul dapat menggunakan tag <hy> dimana y adalah ukuran dari heading tersebut.

Berikut adalah contoh dari kode heading:
<h1> Header 1 < /h1 >
<h2> Header 2 < /h2 >
<h3> Header 3 < /h3 >
<h4> Header 4 < /h4 >
<h5> Header 5 < /h5 >
<h6> Header 6 < /h6 >




Perlu diketahui
,ukuran judul/heading hanya ada 6 ukuran,sesuai dengan contoh diatas.tag ini harus ditutup,karena kalau tidak ditutup,server/browser tdk dapat membaca.





  • Membuat Teks Paragraf


Untuk membuat suatu paragraf,dapat menggunakan tag <p> .dimana p melambangkan paragraph. jika anda mengetik terus hingga batas jendela tampilan browser anda,secara otomatis kata2 tersebut akan berpindah baris.

Berikut adalah Contoh Kodenya!
<p> Sebagian masyarakat non islam bilang,“Kalian (umat Islam) mengatakan bahwa babi haram, karena ia memakan sampah yang mengandung cacing pita, mikroba-mikroba dan bakteri-bakteri lainnya. Hal itu sekarang ini sudah tidak ada. Karena babi diternak dalam peternakan modern, dengan kebersihan terjamin, dan proses sterilisasi yang mencukupi. Bagaimana mungkin babi-babi itu terjangkit cacing pita atau bakteri dan mikroba lainnya.?” Ilmu pengetahuan modern telah mengungkapkan banyak penyakit yang disebabkan mengkonsumsi daging babi. Sebagian darinya disebutkan oleh Dr. Murad Hoffman, seorang Muslim Jerman, dalam bukunya “Pergolakan Pemikiran: Catatan Harian Muslim Jerman”, halaman 130-131: “Memakan daging babi yang terjangkiti cacing babi tidak hanya berbahaya, tetapi juga dapat menyebabkan meningkatnya kandungan kolestrol dan memperlambat proses penguraian protein dalam tubuh, yang mengakibatkan kemungkinan terserang kanker usus, iritasi kulit, eksim, dan rematik. Bukankah sudah kita ketahui, virus-virus influenza yang berbahaya hidup dan berkembang pada musim panas karena medium babi?”</p>



Perlu Di ketahui!!!
perlu di ingat,bahwa tag paragraf ini tidak perlu tag penutup,untuk mempersiapkan perkembangan bahasa HTML dimasa yang akan datang,jadi perlu sekiranya agar tiap tag di tutup.Selain itu ada beberapa browser yang tidak dapat membacanya.





  • Memindahkan Baris


Suatu Saat,tidak mungkin kita mengetik suatu naskah,tanpa pindah baris (enter).Namun bagaimana caranya agar bisa pindah baris dalam Kode HTML?apakah hanya dengan menekan Enter?Tentu Tidak,Karena Tombol Enter tidak berfungsi dalam HTML.Nah,Untuk Memindahkan/Memotong Baris dalam suatu paragraf (Line Break),anda dapat menggunakan Tag <br>.Tag ini tidak perlu di tutup.

Berikut adalah Contoh penggunaan Tag br!

<p> Memotong <br>baris<br> dalam suatu paragraf<br>gunakan tag br </p>


Mengatur Letak Heading
Tag Heading mempunyai Atribut yang digunakan untuk mengatur letak Heading dalam baris-align. aligment heading adalah:


  1. Kiri-left

  2. Tengah-center

  3. Kanan-right



Beikut adalah Contoh Penggunaan Aligment Heading!

<h1 align=”center”> Heading 1 Ditengah </h1>



Tahukah Kamu??
Atribut menyatakan sesuatu tentang suatu tag.Atribut digunakan untuk mengubah default pemformatan dokumen dengan tag yang bersangkutan





  • Membuat Garis Mendatar (Horizontal Ruler)

Sebuah Garis dapat disisipkan dalam dokumen WEB.Umumnya digunakan sebagai pemisah antarbagian atau antar paragraf.
Tag <hr> disisipkan pada tempat garis akan disisipkan dalam dokumen.

<p> Tag hr digunakan untuk mendefinisikan garis:</p>
<hr>
<p> yang ini paragraf.</p>
<hr>




  • Pemformatan Teks


Beikut adalah kode Pemformatan Teks!

Bold = <b> </b>
Italic = <i> </i>
Teks Besar = <big> </big>
Teks Kecil = <small> </small>
Teks Subscript= <sub> </sub>
Teks Pangkat/Superscript= <sup> </sup>





Latihan




  • Judul pada Title Bar Browser: Latihan Paragraf

  • Judul: Latihan Membuat Paragraf (Letak Di tengah dengan Ukuran h1)

  • Paragraf dengan pemformatan: (yang di [] adalah perintah Sedangkan [/] adalah akhir perintah)


  • Sebagian masyarakat non islam bilang,[enter]“Kalian (umat Islam) mengatakan bahwa [teks besar dan tebal] babi haram[/], karena ia memakan [miring] sampah yang mengandung cacing pita[/],[enter] mikroba-mikroba dan bakteri-bakteri lainnya. Hal itu sekarang ini sudah tidak ada. Karena [superscript]babi[/] diternak dalam peternakan modern, dengan kebersihan terjamin, dan proses sterilisasi yang mencukupi. Bagaimana mungkin [Teks besar dan miring]babi-babi[/] itu terjangkit cacing pita atau bakteri dan mikroba lainnya.?”[garis mendatar]

  • Simpan dengan nama Latihan Bab 2.html

  • Buka Pada Browser kalian!






Sekian dulu Tutorial kali ini... Sampai Jumpa di lain waktu...
Salam hangat,

Signature


Komang Atkinson/
Rama Aditya M





Waspada Pencurian



Tentang Penulis

Rama Aditya Maulana atau yang lebih akrab di panggil komang "Atkinson" ini adalah seorang Pelajar Tsanawiyah (Setingkat dengan SMP) yang bersekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Jakarta.Ia begitu aktif mengikuti berbagai Organisasi, mulai dari Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), hingga akhirnya ia di pilih menjadi ketua Three IT Community Madarasah Tsanawiyah Negeri 3 Jakarta.Bermodalkan Pengetahuan Dasar HTML yang ia peroleh semenjak di bangku Sekolah Dasar, Mengantarkannya untuk lebih mendalami bahasa-bahasa pemrograman dan bercita-cita sebagai seorang programmer.

"Bagi saya pemrograman Web ini sangat unik, semoga saja saya betah menjalani karir sebagai programmer ini, walaupun saya masih pemula dan masih banyak hal-hal yang harus saya ketahui mengenai Pemrograman WEB ini."


Email: komangatkinson@yahoo.com

0 komentar:

Posting Komentar